Pekanbaru(SegmenNews.com)- Sehubungan dengan momen besar dibulan dzulhijjah yaitu Haji, ratusan siswa TK/SD/ Khoiru Ummah 40 Pekanbaru, Provinsi Riau mengikuti kegiatan peragaan Manasik Haji di Labbaika Tour Marpoyan, Jum’at (24/9/16).

Nur Istorina selaku Wakil Mudir SD HSG Khoiru Umma mengatakan, meski digelar dibawah terik matahari, namun tidak sedikitpun menyurutkan semangat murid mengikuti rangkaian manasik haji.

Padahal keringat terlihat telah membanjiri wajah murid, beberapa orang dari mereka ada yang baru saja sembuh dari sakitnya, tapi dengan semangat mereka melantunkan talbiyah sepanjang jalan menuju tempat manasik.

Manasik Haji ini digelar sebagai pembelajaran yang luar biasa, selain mempelajari beberapa materi terkait Haji, para murid bisa langsung memperaktek.

Dengan bimbingan beberapa ustadzah, para murid mulai diperkenalkan tata cara haji mulai dari kedatangannya di Madinah, melaksanakan Ihram, yang dilanjutkan menuju Arrafah, dan Musdalifah.

“Beberapa Rangkaian haji diperkenalkan seperti, seperti tata cara melempar jumrah Ula, Aqobah, dan wustha, tata cara potong rambut atau tahalul saat di Mina, hingga puncaknya melaksanakan Thawaf di Makkah,” jelasnya.

Ditambahkan Nur Istorina, murid juga diberikan ilmu seputar besar dan lebar ka’bah serta bagaimana perjuangan Nabi Ibrahim ketika membangun ka’bah, ananda terlihat begitu antusias ketika kisah demi kisah diterangkan.

Disamping wadah dalam memperkenalkan tata cara ibadah haji kepada anak-anak, kegiatan juga dapat melatih kesabaran, kebersamaan, dan kemandirian anak murid.

“Kita sebagai guru berharap, setelah manasik ini akan terpancar keimanan dan dorongan ingin melaksanakan ibadah Haji karena setelah pelatihan manasik haji akan timbul niat beribadah haji yang bisa dilakukan ketika dewasa kelak,” harapnya.***(rls/Heri)