Untuk mencapai kesuksesan dalam pendidikan anak usia dini, maka harus ada keterpaduan antara peran 
orangtua dalam hal ini terutama ibu, sekolah da lingkungan. semua oti tenti harus ada dukungan dari negara, disamping azas pendidikan juga jelas berdasarkan akidah islam. 


ibu sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak sudah seharusnya memiliki kualitas yang optimal dan untuk membangun kualitas para ibu yang siap mendidik generasi dengan penuh  tanggung jawab, maka diperlukan pembinaan dan bimbingan yang sudah seharusnya disediakan oleh negara. disamping itu berbagai parpol ormas, lembaga-lembaga yang ada di masyarakatsudah selayaknya turut andil bagian dalam mencerdaskan para ibu, sehingga benar-benar mampu mencetak generasi pemimpin.


sekolah sebagai sarana, yang mampu menunjang pendidikan anak juga berperan dalam pembimbingan dan perkembangan anak yang sejalan
dengan arah pembentukan generasi cerdas, sehat dan peduli. membantu menanamkan jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab, jujur, takut akan adzab Allah tatkala melanggar kepatuhan terhadap Allah SWT.lingkungan merupakan komponen yang saat ini kurang terkendali, karena banyaknya tayangan-tayangan yang tidak mendidik bahkan cenderung merusak. oleh karena itu negara seharusnya juga bertanggung jawab
terhadap lingkungan, dengan cara tidak membiarkan adanya tayangan-tayangan yang tidak mendidik.
selain itu sebaiknya negara juga memberikan pembinaan kepada komponen masyarakat sehingga masyarakat mampu memahami dan senantiasa berprilaku baik dengan demikian terbentuklah lingkungan yang kondusif.