Ibu adalah jantungnya keluarga. Ibu yang hebat akan melahirkan anak yang hebat. Jika ibu tidak hebat, mungkin memang bisa menghasilkan anak yang hebat tapi probabilitas keberhasilannya sangat kecil. Maka menjadi ibu hebat adalah sesuatu yang harus diupayakan oleh setiap ibu. Apa saja ciri-ciri ibu hebat di jaman now alias ibu hebat di akhir zaman? 

Tidak terbawa arus liberalisasi adalah salah sstu tips agar di jaman now kita menjadi ibu yang hebat. Paham liberal telah merusak tatanan kehidupan, termasuk merusak  perempuan sebagai tiang Negara. Sangat berbahaya jika seorang perempuan terkena virus liberalisme (paham kebebasan). Ketika mendidik anaknya pun juga akan terwarnai oleh virus liberalisme. Misal membiarkan anak perempuannya tidak menutup aurat dengan alasan ingin membebaskan putrinya dalam menentukan pilihan hidupnya. Membiarkan anaknya pacaran. Sebagai seorang istri, ketika terkena virus liberal ia tidak mau patuh dengan suaminya. Alasannya, hak kebebasan. 

Ibu hebat itu punya kepedulian yang besar terhadap keluarganya. Inilah ciri kedua dari ibu hebat.  Ia memastikan keluarganya itu berfungsi sebagaimana mestinya. Fungsi keluarga itu antara lain, fungsi edukasi. Seorang ibu memastikan bahwa di dalam keluarganya itu terjadi edukasi. Keluarga adalah lingkungan yang kondusif untuk edukasi anak.  

Keluarga adalah tempat orangtua mengedukasi anaknya. Jangan sampai di rumah anak tidak kita edukasi. Jangan sampai anak berperilaku dan berkata yang tidak ahsan kita biarkan saja, anak harus kita edukasi. Ibu adalah madrasah pertama bagi anaknya dan ayah adalah kepala madrasahnya. Ibu hebat harus memastikan peran ini berjalan optimal.

Ciri selanjutnya dari ibu hebat adalah peduli terhadap persoalan umat. Ibu hebat itu tidak hanya berkutat pada lingkaran anak dan keluarganya sendiri tapi juga peduli dan perhatian dengan persoalan keluarga lain. Dengan kata lain, ibu hebat itu juga peduli dengan persoalan umat. 

Apalagi akhir-akhir ini, begitu banyak persoalan yang menimpa umat. Ada seorang ibu yang tega membunuh anaknya dengan menyemprotkan obat nyamuk, kasus pornografi, narkoba, prostitusi online, utang negara yang semakin menumpuk dan dibebankan kepada rakyat, tol yang baru diresmikan satu hari lalu dijual, bandara dan pelabuhan akan dijual, rakyat dipaksa menggunakan daya listrik 4.400 volt. 

Seorang ibu hebat tidak boleh cuek terhadap persoalan umat. Rasulullah SAW bersabda:"barangsiapa yang bangun di pagi hari dan tidak memperdulikan urusan umat maka ia bukan termasuk golonganku". Hadist ini menegaskan agar kita peduli terhadap persoalan umat.

Apa yang menimpa umat saat ini tidak trejadi secara kebetulan. Tapi, memang ada konspirasi besar untuk menghancurkan umat islam terutama generasinya. Untuk merusak generasi islam salah satunya dengan merusak para perempuannya. Satu laki-laki yang rusak, hanya dia saja yang rusak. Tapi kalau satu perempuan yang rusak, suaminya ikut rusak, anaknya juga ikut rusak, keluarga muslim semua rusak. Inilah yang diharapkan oleh musuh-musuh Islam. Seorang Ibu harus memahami situasi ini dan berupaya tetap menjadi ibu yang waras dan hebat agar tidak menjadi korban konspirasi besar. Sebaliknya, dia menjadi pelopor yang akan melawan konspirasi besar ini.

Lalu, bagaimana caranya menjadi ibu hebat jaman now? Seorang ibu harus rajin mengkaji Islam. Inilah upaya terbaik agar seorang ibu tidak terbawa arus liberal. Dengan mengkaji Islam ia kana tahu mana yang sesuai dengan Islam dan mana yang bukan berasal dari pemikiran Islam. Dengan rajin mengkaji Islam juga akan menuntun kita menjadi ibu yang memiliki kepedulian besar terhadap keluarga. Yakni kita akan dituntun untuk menemukan inspirasi ayat dalam membangun visi misi keluarga yakni surat At Tahrim ayat 6.

"Hai orang-orang yang beriman, lindungilah dirimu dan keluargamu dari api neraka". 

Dengan visi melindungi keluarga kita dari api neraka, akan membuat kita bersungguh-sunnguh mendidik anak kita. Tidak hanya melahirkan, membei makan, disekolahkan, tapi punya visi dan misi agung yakni mendidik anak agar menjadi ahlu jannah, calon penduduk surga. Memikirkan kehidupan anak kita dengan penuh tanggung jawab, dan berharap meraih akhir kehidupan yang baik yakni mendapat ridha Allah untuk masuk ke surga-Nya.

Terakhir, untuk menjadi ibu hebat yang selalu peduli dengan persoalan umat maka kita harus meyakini bahwa islam adalah solusi atas segala permasalahan. Dengan demikian kita tak pernah lelah memonitoring persoalan umat karena setiap masalah pasti ada solusinya dalam Islam. Solusi islam inilah yang perlu didakwahkan kepada umat dan para penguasa agar mereka mau menerapkannya. Ibu hebat jaman now bangga bicara islam sehingga opini islam sebagai sebuah ideologi semakin massif tersebar. Selamat berjuang menjadi ibu hebat jaman now alias akhir zaman yang penuh tantangan.

 

*) Pemerhati perempuan, generasi, dan keluarga tinggal di Pekanbaru